Tiga mahasiswa tersebut adalah Abdullah Dienul Ahkam, Taufik Anwar, dan Indry Junianti yang mengembangkan dan mengususng konsep smart cage care dengan mengedepankan efisiensi pada perangkat yang terdapat pada sebuah kandang ayam yaitu penggunaan air, kendali suhu, dan konsumsi pakan. Ketiga parameter tersebut diintegrasikan dengan mengusung konsep IoT. Setiap device sensor yang digunakan untuk mengukur besaran pada parameter tersebut dihubungkan dengan internet sehingga dapat dipantau dan diamati dari jarak jauh. Untuk proses pengendalian suhu ditanamkan pula algoritma kecerdasan buatan berupa Logika Fuzzy.

AI yang menjadi salah satu ciri industri 4.0 dapat diintegrasikan sebagai analisis pengindra dan memprediksi lingkungan dan situasi, serta dapat melakukan tindakan berdasarkan informasi. Sifat AI juga dapat disesuaikan dengan tindakan dan sifat skema intuitif manusia sehari-hari. Salah satu pemanfaatan teknologi IoT dan AI agar otomasi layanan dapat diselenggarakan demi memenuhi kebutuhan konsumen baik untuk konsumen bisnis ke bisnis maupun bisnis ke konsumen adalah pada teknologi brooding system ayam broiler. Pada sistem brooding dapat diimplementasikan beberapa sensor dan aktuator yang beragam diantaranya adalah sensor suhu dan kelembaban, sensor deteksi pakan dan minum, aktuator heater dan blower, serta aktuator pompa dan aliran air. Sensor dan aktuator disimpan pada suatu titik di dalam area kandang secara terpisah tanpa kabel sehingga dapat menjadi bagian dari node nirkabel.

Skema implementasi monitor air minum

Kelompok yang pernah mendapatkan juara harapan I pada ajang medinovation 2020 dibawah arahan pembimbing bapak Dede Irawan Sapura, S.Pd., M.T. yang diselenggarakan oleh perusahan Medion menuturkan “Penggunaan konsep IoT dapat mempermudah dalam menghimpun dan menggunakan data dari setiap node sehingga kolektivitas data sensor maupun aktuator dapat dimanfaatkan dengan maksimal sesuai kebutuhan serta dapat dengan mudah diakses. Hasil pembacaan sensor yang terhubung secara nirkabel dan ditempatkan pada area yang sudah ditentukan di sekitar kandang ayam dapat memberikan informasi secara real time sehingga dapat digunakan sebagai masukan pengambilan keputusan bagi aktuator. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menghimpun data diantaranya adalah cloud storage platform”.

Skema implementasi pengendali suhu
Skema implementasi monitor pakan