Telah dilaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Prodi Rekayasa Pertanian SITH ITB, Prodi Fisika Teknik Fakultas Teknik Industri (FTI) ITB, CITA ITB dan Jurusan Elektro Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI) Cimahi. PPM ini memperkenalkan alat sistem otomasi pertanian untuk kelompok pertani hidroponik di Cipacing Cileunyi dan komunitas hidroponik Cimahi.

Program Pengabdian Masyarakat PEMULIHAN EKONOMI “Pelatihan Sistem Otomasi Pertanian untuk Kelompok Tani di Jatinangor dan Cimahi, Jawa Barat” di Ketuai oleh Dr. Aep Supriyadi, Ir., MP. (SITH ITB), didampingi Ir. Estiyanti Ekawati, MT. PhD. (FTI ITB), Irvan Budiawan, ST. MT dan Dede Irawan Saputra, S.Pd.,MT (Teknik Elektro UNJANI). Kegiatan ini melibatkan 3 orang mahasiswa Teknik Fisika dan 3 orang mahasiswa Rekayasa Pertanian dalam skema MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)

Kegiatan PPM ini diawali dengan seminar yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Teknik Elektro UNJANI pada hari jum’at, 18 Juni 2021. Peserta berasal dari komunitas target pelakasanaan PPM yaitu kelompok petani hidroponik Cipacing Cileunyi dan komunitas hidroponik Cimahi. Selain itu seminar juga dibuka untuk akademisi, masyarakat umum yang tertarik mengenai teknologi otomasi pertanian.

Seminar Daring Otomasi Pertanian

Kegiatan selanjutnya adalah workshop sistem otomasi pertanian yang digelar di Darul Hufad Hidroponik Farm di Dusun Bojong RT 03 RW 15 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor pada hari Sabtu, 19 Juni 2021. Pelaksanaan hari ketiga pada hari Minggu, 20 Juni 2021 di Yayasan darul Husna, Komp. Taman Bukit Cibogo RT 09 RW 17. Pelaksanaan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Workshop yang dilaksanakan mendapat antuias yang tinggi dari para petani kedua kelompok.

Workshop di Kelompok Tani Cipacing
Workshop di Kelompok Tani Cimahi

Kegiatan ini juga diliput dan dipublikasikan pada beberapa lini masa berita